Thursday, January 6, 2022

7 Cara Mudah dan Efektif Kelola Sampah Perumahan

 

Kelola Sampah

Secara global, pengelolaan sampah telah menjadi isu yang mendesak karena dampaknya yang sangat besar terhadap lingkungan. Pertumbuhan populasi eksponensial selama beberapa abad terakhir telah mengakibatkan akumulasi sejumlah besar sampah di planet ini tanpa sistem pembuangan yang memadai. Kelola sampah perumahan bisa dimulai dari lingkup kecil dan tentunya dari diri sendiri yang akan sangat membantu menjaga kebersihan lingkungan. 


Mengelola Sampah di Rumah

Sebenarnya ada cara sederhana dan efektif untuk meminimalkan sampah di rumah Anda yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Langkah pertama untuk meminimalkan sampah adalah dengan mengurangi jumlah sampah di rumah Anda. Langkah selanjutnya adalah menggunakan kembali atau mendaur ulang bahan tersebut yang bukan hanya mengelola sampah di rumah namun juga di sekitar lingkungan perumahan Anda.


1. Hindari plastik

Sampah plastik sulit untuk dibuang karena tidak dapat didaur ulang. Ini adalah salah satu alasan utama untuk menghindari kantong plastik. Bawalah tas belanja Anda sendiri ketika Anda pergi untuk berbelanja. Sebisa mungkin hindari penggunaan kantong plastik untuk menyimpan barang yang dibeli atau bisa diganti dengan menggunakan kardus ketika berbelanja untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.


2. Beli produk yang memiliki kemasan minimal

Berbelanja di bagian "grosir" di toko kelontong seperti beras, kacang-kacangan dan kebutuhan sehari-hari lainnya dapat dibeli tanpa kemasan plastik dengan membawa kemasan sendiri dari rumah. Plastik ini nantinya dibuang ke tempat sampah rumah tangga yang tentu akan menambah sampah lingkungan. Ini akan sangat membantu mengurangi penggunaan plastik.


3. Buatlah kompos dari limbah dapur

Salah satu cara pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah dengan mengkomposkan sampah organik. Investasikan di situs kompos yang baik dan hasilkan kompos berkualitas dari limbah dapur Anda. Ini mengurangi limbah organik dan menyediakan pupuk kandang berkualitas bagi tanaman.


4. Lakukan transaksi secara elektronik

Transaksi elektronik mungkin terdengar sederhana namun sebenarnya dapat membantu meminimalkan penggunaan kertas. Minta salinan tanda terima penjualan Anda ke alamat email Anda, bukan kertas. Mengingatkan penjual atau kasir untuk tidak mencetak salinan transaksi saat melakukan pembelian. 


Transfer atau tarik uang tanpa tanda terima kertas. Cara ini akan mengurangi jumlah sampah kertas yang dapat didaur ulang di rumah dan mengajarkan sedikit tentang pentingnya pengelolaan tepat sampah rumah tangga. 


5. Pertimbangkan membuat sabun dan deterjen sendiri

Hampir semua deterjen dan cairan pembersih datang dalam kemasan plastik yang tidak dapat didaur ulang. Internet sangat berguna ketika Anda ingin membuat sabun cuci, deterjen, dan deterjen kamar mandi di rumah. Dengan cara ini Anda dapat mengurangi sampah plastik dan mendapatkan larutan pembersih rumah tangga bebas bahan kimia.


6. Gunakan kembali plastik bekas

Sebagian besar produk berbahan plastik dapat digunakan kembali untuk menyimpan banyak barang atau untuk menyimpan benih tanaman. Kantong kertas juga dapat digunakan kembali sebagai tempat sampah untuk membuang sampah atau menyimpan barang-barang di rumah. Ini akan membantu meminimalkan penumpukan plastik di rumah Anda.


7. Donasikan

Untuk barang yang ingin disumbangkan, Anda bisa menyumbangkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan namun masih layak digunakan dan dalam kondisi baik. Ada beberapa sekolah, panti asuhan dan yayasan yang menerima bantuan seperti selimut, pensil, buku, pakaian dan sepatu. Jangan tinggalkan apa pun di rumah Anda yang berakhir di tempat sampah. Anda juga bisa mendonasikan sampah yang bisa didaur ulang ke Waste4Change dalam membantu kelola sampah perumahan. 


No comments:

Post a Comment