Friday, October 15, 2021

Serba Serbi Perkembangan Motorik Anak

 

Perkembangan Motorik Adalah

Anak yang baru lahir akan mengalami banyak perkembangan. Perkembangan yang paling dominan terlihat jelas biasanya adalah perkembangan motorik. Perkembangan motorik adalah salah satu perkembangan yang bisa diamati perkembangannya. Dan disetiap umur anak akan mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda. Jika kalian belum familiar apa itu perkembangan motorik anak, berikut adalah beberapa ulasan singkatnya.

 

Makna perkembangan motorik

 Perkembangan motorik sendiri memiliki arti kegiatan gerak anak yang melibatkan otot-otot dalam pelaksanaanya. Otot sendiri terbagi menjadi 2 yakni otot besar yang meliputi otot tangan, otot kaki, otot kepala. Sedangkan otot kecil sendiri memiliki contoh seperti otot jari tangan dan kaki, lengan, lutut. Selain itu perkembangan motorik memiliki dua bagian yakni motorik kasar dan motorik halus.

 

Motorik kasar

 Motorik kasar sendiri merupakan gerakan yang dilakukan oleh anak dengan melibatkan otot-otot besar seperti otot tangan, otot kaki, kepala sehingga si anak bisa bergerak atau berpindah dari tempat sebelumnya. Contoh dari kegiatan ini adalah kegiatan berjalan, merangkak, tengkurap dan duduk.

 

Motorik halus

 Motorik halus sendiri merupakan gerakan yang dilakukan oleh anak dengan melibatkan  otot-otot halus dalam prosesnya. Otot halus sendiri meliputi otot jari, otot lengan, otot pergelangan kaki. Contoh dari kegiatan yang dihasilkan dengan gerakan otot halus ini adalah kegiatan anak mencoret-coret, menyusun balok, menarik dan mendorong mainan, serta mengambil barang yang ada didepannya.

 

Tahapan perkembangan motorik anak

Perkembangan pada aspek ini perlu perhatian khusus karena perkembangan ini akan menjadi fondasi di kemudian hari. Tahapan perkembangan bayi pada motorik akan berbeda-beda satu sama lain tergantung dari kondisi lingkungan, makanan dan banyak factor lainnya. Namun, perkembangan motorik sendiri memiliki beberapa acuan. Berikut beberapa acuan dari motorik bayi berdasarkan umurnya di tahun pertamanya.


Usia 0 sampai 3 bulan

Pada masa ini bayi pada umumnya sudah bisa mengangkat kepala ketika tengkurap meskipun tidak lama.


Usia 4 sampai 6 bulan

Di usia ini bayi sudah mulai menggerak-gerakan otot besarnya. Perkembangan yang paling jelas terlihat adalah kemampuan mengangkat kepala dan dada pada saat tengkurap dan sudah mulai bisa untuk duduk.


Usia 7 sampai 9 bulan

Bayi sudah mulai bisa berdiri meski tidak lama pada usia tersebut. kombinasi gerakan duduk dan berdiri biasanya sudah bisa dilakukan bayi pada umur ini,


9 bulan sampai 12 bulan.

Di umur ini bayi biasanya akan bisa mengkombinasikan gerakan tengkurap, merangkak, duduk dan berdiri. Jika kondisi kaki bayi suda prima, dia akan bisa mulai gerakan baru yakni berjalan walau hanya beberapa langkah.


No comments:

Post a Comment