Sunday, October 24, 2021

Cara Membuat Billing Pajak Yang Gak Pakai Ribet

 

Billing Pajak

Pajak adalah salah satu sumber penerimaan negara yang berasal dari masyarakat. Negara memiliki wewenang untuk meminta pajak kepada rakyat karena pajak ini akan dijadikan sarana untuk kesejahteraan rakyat. Sebagai rakyat tentunya kita harus memenuhi kewajiban membayar pajak tersebut. Namun, tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kewajiban membayar pajak ini dengan berbagai macam bentuk alasan. Alasan yang paling sering orang-orang lontarkan adalah tidak paham cara melaporkan dan juga membayar pajak. Kekhawatiran masyarakat yang tidak paham prosedur perpajakan, membuat mereka berpikir membayar pajak adalah satu hal yang ribet. Padahal jika kita paham caranya, pasti akan terasa mudah. Membayar pajak bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tentunya nggak pakai ribet. Misalnya kita bisa membayar pajak melalui e-billing. 


Lalu, bagaimana cara membuat billing pajak? Billing pajak atau e-billing pajak merupkan system pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pada pajak pada aplikasi SSE pajak online. Dengan menggunakan system ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak dan pastinya membayar pajak dengan system ini akan menjadi lebih mudah dan modern karena melihat kemajuan perkembangan zaman saat ini. 


Sebelum membayar pajak melalui billing pajak kita membutuhkan kode billing yang bisa kita dapatkan melalui datang langsung ke kantor pajak, teller bank, kantor pos, lewat telepon, melalui website resmi DJP online.Terdapat dua cara untuk mendapatkan kode billing melalui website, antara lain :


Membuat kode billing dengan akun DJP online

- pergi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk meminta nomor e-fin; yang digunakan untuk daftar akun DJP online.

- Buka https://djponline.pajak.go.id/account/login

- Login dengan memasukkan nomor NPWP, kata sandi, dan kode keamanan 

- Klik menu “Bayar”, lalu klik “e billing”.

- Lalu, akan muncul data NPWP, nama, dan alamat yang sudah terisi otomatis. Setelah itu, lengkapi informasi yang belum terisi.

- Jika sudah selesai, klik “ buat kode billing “

- Masukkan kode keamanan

- Tampilan preview data Anda akan muncul dan silakan lakukan pengecekan sekali lagi. Lalu, klik "Cetak"

- Kode e-billing berhasil dibuat


Membuat Kode Billing Tanpa Akun DJP Online

Tidak perlu khawatir jika belum memiliki akun DJP Online. website Dirjen Pajak juga menghadirkan layanan membuat kodebilling pajak tanpa akun DJP online. Caranya harus mendaftar terlebih dahulu di https://sse3.pajak.go.id/. Langkah selanjutnya adalah :


- Klik tulisan “Belum punya akun?”

- Isikan data diri Anda sebagai wajib pajak, meliputi nomor NPWP, Nama, E-mail, PIN ( yang akan menjadi password ketika login), dankode keamanan.

- Klik “Daftar”

- Lakukan aktivasi akun dengan cek email masuk pada email yang didaftarkan tadi. Jika ada email dari pajak.go.id, buka dan klik link tautan dalam badan email

- Akun Anda berhasil dibuat.

- Kembali ke alamat https://sse3.pajak.go.id/

- Masukan nomor NPWP dan password yang tadi dibuat serta kode kemanan di bawah kotak.

- Pilih tab yang berwarna hijau dan bertuliskan Isi SSE

- Isi form surat setoran elektronik

- Pilih jenis pajak yang ingin dibayarkan serta jenis setoran pajak

- Pilih masa pajak; dari bulan apa sampai bulan apa

- Pilih juga tahun masa pajak

- Isikan nominal pajak yang akan disetorkan

- Isi kolom uraian bila ada informasi tambahan yang ingin disampaikan.

- Klik simpan

- Dua Kotak dialog konfirmasi akan muncul, pilih “ YA “ untuk kotak dialog pertama, pilih “ OK “ untuk kotak dialog kedua.

- Akan muncul halaman baru dengan 2 tombol perintah.Kotak hijau, Ubah SSP: untuk mengubah data yang sudah dimasukan. Kotak Ungu, Kode Billing: untuk melanjutkan proses

- Jika memilih Kode Billing, kotak dialog baru akan muncul sebagai pemberitahan bahwa kode billing Anda sudah dibuat. Klik Ok.

- Kode billing Anda berhasil dibuat

- Laman selanjutnya akan menampilkan informasi Anda serta nomor kode billing dan masa berlakunya.

- Klik kotak cetak kode billing, jika ingin mencetaknya.


Itulah beberapa cara membuat billing pajak nggak pakai ribet. Dengan memahami cara – cara diatas tentunya kita akan lebih mudah membayar pajak dengan menggunakan e-billing pajak. Jangan lupa membayar pajak yaaa!!!! 


No comments:

Post a Comment