Saturday, October 16, 2021

4 Cara Menurunkan Demam Pada Bayi yang Efektif

Cara Menurunkan Demam Pada Bayi

Demam memang sering terjadi tanpa memandang usia terutama pada bayi karena bayi memiliki sistem imun tubuh yang masih belum sempurna, berbeda dengan orang dewasa. Demam memang sudah umum terjadi sehingga Mom tidak perlu panik. Mom bisa mencoba beberapa cara menurunkan demam pada bayi berikut ini.


Menurunkan Demam Pada Anak

Obat-obatan

Cara untuk menurunkan demam pada bayi yang sering dilakukan orang tua yaitu dengan mengonsumsi obat penurun panas. Apabila si kecil terlihat pucat, tidak nyaman atau rewel, Anda bisa memberikan obat penurun demam sebagai pertolongan pertama.

Meskipun begitu, pastikan untuk memberikan obat yang memang dapat dikonsumsi oleh bayi dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu. Hal ini karena tidak semua obat penurun demam aman dikonsumsi si kecil.
 
Berikan pakaian yang nyaman
Cara menurunkan demam pada bayi adalah dengan menggunakan pakaian yang tipis, tidak membedung atau membungkus bayi dengan selimut yang tebal menganggap agar si kecil mudah berkeringat dan membuatnya tetap hangat. Padahal pakaian atau selimut yang terlalu tebal akan menaikkan suhu tubuh bayi Anda membuat demam menjadi susah turun.

Perhatikan suhu kamar
Selain memperhatikan pakaian yang dikenakan si kecil, cara menurunkan demam pada bayi juga dengan memastikan suhu kamar si kecil tidak terlalu panas atau dingin. Dengan melakukan hal tersebut, suhu tubuh bayi akan turun lebih cepat ke suhu normal.

Kompres hangat
Jangan kompres si kecil menggunakan air dingin atau air es karena dapat membuat suhu tubuhnya justru meningkat dan membuat si kecil kedinginan. Kompres tubuh terutama pada bagian lipatan seperti ketiak, lipatan paha, dan dahi menggunakan air hangat sehingga dapat membantu menurunkan panas pada tubuh.
 
Cara menurunkan demam pada bayi di atas memang efektif namun apabila sudah melakukan cara-cara tersebut dan demam si kecil masih tidak turun bahkan jika sudah melebihi 39°C, segera periksakan si kecil ke dokter anak. Berikan juga nutrisi yang penting untuk si kecil seperti yang ada di produk-produk Nutriclub Nutrilon untuk anak

No comments:

Post a Comment