Monday, August 2, 2021

Yuk Intip 5 Cara Mengajarkan Sepeda London Taxi Kepada Anak

 

Sepeda Anak London Taxi

Bisa mengendarai sepeda dengan lancar merupakan sebuah proses yang tidak instan. Tentu saja perlu belajar perlahan-lahan. Kini belajar mengendarai sepeda untuk anak-anak bisa dimulai dengan tahap belajar mengatur keseimbangan menggunakan balance bike, salah satu yang sering digunakan adalah London taxi. Berikut cara mengajarkan anak mengendarai balance bike.


Cara Mengajari Anak Mengendarai Balance Bike


1. Rasa Senang

Ajak anak belajar berlatih sepeda menggunakan balance bike dalam kondisi perasaan yang senang. Sebab perasaan mereka akan berpengaruh pada kemauan mereka untuk belajar. Hindari cara memaksa untuk menginginkan anak belajar mengendarai sepeda. Kenalkan padanya apa itu balance bike dan ajak ia berlatih sesuai dengan kemauannya.


Misalnya bisa dimulai dengan mengajak anak ke lokasi yang menyenangkan dan berisikan anak-anak lain bermain sepeda. Secara tidak langsung hal demikian membantu untuk menstimulus diri anak agar belajar dengan giat agar lekas bisa bermain sepeda seperti yang lainnya. Hal demikian adalah bentuk motivasi kepada diri anak secara tidak langsung.


2. Ajak Pilih Sepeda Favorit

Libatkan anak dalam memilih sepeda agar ia merasa senang dan memiliki benda tersebut, sehingga ia memiliki semangat lebih untuk terus giat berlatih. Sebagai orang tua, anda juga perlu memperhatikan ukuran sepeda London taxi yang akan diberikan. Sesuaikan dengan umur dan postur tubuh sang anak.


Sepeda ini memiliki beberapa ukuran yang bisa anda sesuaikan dengan postur tubuh anak anda. Jangan memberikan sepeda yang tidak sesuai ukuran, selain tidak nyaman juga bahaya untuk anak. Karena tidak sesuai dengan postur tubuh justru bisa menyebabkan anak sering terjatuh.


3. Paket Pelindung 

Belajar naik sepeda tentunya rawan dengan jatuh, maka lengkapi peralatan anak untuk belajar naik sepeda dengan menggunakan paket pelindung. Bisa berupa helm, pelindung siku dan lutut. Fungsi utama pelindung ini adalah untuk melindungi mereka dari luka apabila terjatuh. Namun fungsi lainnya adalah membuat mereka tidak merasa menyesal dan takut jika jatuh.


Apabila sampai terjatuh jangan berikan kesan berlebihan seperti memarahi atau sedih yang berlebihan. Katakan pada anak untuk berhati-hati saat mengendarai sepeda. Jika terjatuh karena terlalu kencang maka katakan untuk pelan-pelan. Jika terjatuh karena tidak fokus maka sampaikan untuk fokus saat mengendarai.


4. Atur Sepeda Senyaman Mungkin

Jika setelan sepeda tidak sesuai dengan postur anak tentu saja akan membuat anak merasa tidak nyaman. Maka sebagai orang tua, anda perlu memastikan ukuran sepeda yang dibeli sesuai dengan postur tubuh anak. Untuk merk London taxi terdapat 3 ukuran, ada 12, 16, dan 18.


Pastikan ukuran sepeda sesuai dengan postur tubuh anak, mulai dari sadel atau tempat duduk yang pas, tidak ketinggian atau terlalu rendah. Kemudian pastikan pula sudut tekukan stang atau setir, agar mereka merasa nyaman dan percaya diri saat hendak mengarahkan sepeda ke arah-arah yang mereka mau.


5. Meluncur

Setelah melakukan berbagai persiapan maka biarkan anak mulai menggerakkan balance bike mereka. Biarkan mereka mengendarai sesuai keinginan mereka, namun tetap dalam pengawasan anda. Ingatkan anak untuk istirahat bila ia terlalu lama berlatih, karena kelelahan bisa menyebabkan tidak fokus dan justru bisa membuat anak jatuh.


Terus ajak anak berlatih menggunakan balance bike sampai ia mahir meluncur dalam menjaga keseimbangan. Jika anak sudah mulai pandai meluncur dengan London taxi maka tandanya ia sudah mampu menjaga keseimbangan dirinya dan bisa lekas berlatih menggunakan sepeda pancal.


Balance bike merupakan sepeda yang tidak memiliki pedal dan memiliki bobot yang sangat ringan. Dibuat menggunakan rangkaian besi khusus dan bannya pun tidak perlu di pompa. Selain melatih keseimbangan, sepeda ini juga melatih motorik anak dan memberikan rasa percaya diri. Anda belum memilikinya? Segera dapatkan di Blibli.com.

No comments:

Post a Comment